Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recentposts
[kategori 1][slider][#000000]

HUBUNGAN ANTAR MUKMIN

HUBUNGAN ANTAR MUKMIN


              Segala puji bagi Allah Dzat Pencipta Alam, shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah SAW, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan pengikutnya hingga hari akhir nanti.
            Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini berkabilah-kabilah dan berkelompok-kelompok, tidak lain tujuannya untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya. Hal ini dalam ranah umum menunjukkan bahwa diantara manusia terdapat hubungan dan ikatan yang kuat diantara sesamanya sesuai yang diperintahkan Allah SWT. Adapun dalam ranah khusus, Allah SWT lebih menspesifikkan hubungan antar manusia di dalam hubungan iman dan Islam. Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman :
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ
Sesungguhnya diantara orang mukmin itu bersaudara, maka perbaikilah hubungan tersebut diantara kalian[1]
Hubungan seiman dan seislam tersebut sangat besar manfaatnya baik di dunia bahkan kelak di akhirat. Sebab, hubungan tersebut diikat oleh Dzat yang Maha Mulia nan Agung untuk menerapkan syariat yang dibawa oleh Baginda Muhammad SAW.
Namun, hubungan tersebut adakalanya bermanfaat di dalam dhahir seseorang bahkan juga di dalam batinnya. Adapun hubungan dhahir yaitu hubungan seorang muslim atau mukmin dengan sesama di dalam menunaikan hak masing-masing diantara mereka, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW di dalam haditsnya :
اَلْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ، لاَ يَظْلِمُهُ، وَلاَ يَخْذُلُهُ، وَلاَ يَكْذِبُهُ، وَلاَ يَحْقِرُهُ
Seorang muslim adalah saudara muslim yang lainnnya, tidak boleh mendholiminya, tidak juga menghinanya, tidak mendustainya, dan tidak pula meremehkannya[2]
[1] Q. S. Al-Hujurat : 10
[2] H. R. Muslim : 2564
Sedangkan hubungan batin diantara mereka adalah hubungan seorang muslim atau mukmin dengan sesama di dalam mengetahui hakekat dirinya. Dan hubungan batin ini lebih erat dan lebih bermanfaat. Hal ini didasari dengan hadits Nabi SAW :
اَلْمُؤْمِنُ مِرْآةُ الْمُؤْمِنِ
Seorang mukmin merupakan cermin bagi mukmin lainnya
            Al-Habib Abdullah bin Husein Bin Thohir menafsirkan hadits ini dengan tiga tafsiran : 
Yang pertama, apabila seorang mukmin melihat akhlak yang baik di dalam mukmin yang lainnya maka ia bisa menirunya dan mengikutinya, begitu pula jika melihat akhlak yang tidak baik, ia akan berusaha menjauhinya dan tidak mencontoh akhlaknya. Maka mukmin pemilik akhlak tersebut seakan menjadi cermin bagi mukmin yang melihatnya.
            Yang kedua, apabila seorang mukmin melihat suatu aib di dalam pribadi mukmin lainnya, ia akan meminta kepada pemilik aib untuk merubahnya dan menghilangkannya. Maka mukmin yang melihat aib tersebut seakan menjadi cermin bagi mukmin pemilik aib. Sebab tidak mungkin seseorang mengetahui aib dirinya kecuali melalui orang lain.
            Yang ketiga, apabila seorang mukmin bertemu dengan mukmin lainnya dalam keadaan hati yang bersih dan husnuddzan (baik sangka) maka secara tidak langsung akan terpancar di wajahnya sikap pribadi yang baik, sehingga orang yang ditemuinya akan langsung berprasangka baik kepadanya karena melihat sikap pribadi yang baik yang terpancar dari diri mukmin tersebut.
Begitu pula jika ia datang dengan hati yang kotor, penuh dengan su’uddzan (prasangka buruk), akan terpancar di wajahnya sikap pribadi yang jelek, sehingga orang yang ditemuinya akan berprasangka buruk kepadanya. Hal ini tidak lain karena wajah adalah terjemahan hati sebagaimana Al-Habib Muhammad bin Abdullah Alydrus mengatakan :
لأَنَّ الْوَجْهَ تَرْجَمَةُ الْقَلْبِ
Sebab wajah itu adalah terjemahan hati
            Oleh sebab itu, hendaknya seorang mukmin bisa membersihkan hati mereka dan menghiasinya dengan sifat-sifat yang baik, dan luhur. Sehingga bisa mewujudkan hubungan yang baik dengan saudara mukmin lainnya baik melalui hubungan dhahir maupun batin.

(Mustafa Idrus Al-Khirid)
HUBUNGAN ANTAR MUKMIN Reviewed by Unknown on 2:44 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Alwafa Indonesia © 2015

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.