Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recentposts
[kategori 1][slider][#000000]

Kemuliaan dan Amalan Bulan Sya’ban

Kemuliaan  dan Amalan Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban yang mulia adalah bulan yang agung. Berkata para ulama: “Rajab adalah bulan untuk membersihkan badan, Sya’ban adalah bulan untuk membersihkan hati, dan Ramadhaon adalah bulan untuk membersihkan ruh. Dan sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan untuk meminta ampun dari segala dosa, dan Sya’ban bulan untuk memperbaiki hati dari segala aib, dan Ramadhan untuk menyinari hati, serta malam Lailatul Qadar untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Amalan Bulan Sya’ban

 Berpuasa

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah berkata “bahwasanya puasa yang paling disukai Rasulullah SAW adalah di bulan Sya’ban. Aku bertanya: ”Aku melihat engkau banyak berpuasa di bulan Sya’ban?” Berkata Rasulullah: “Wahai Aisyah sesungguhnya di bulan ini disodorkan kepada malaikat maut nama-nama orang yang akan meninggal di tahun ini. Maka aku ingin apabila namaku termasuk di dalamnya aku ditulis dalam keadaan berpuasa”. 

 Membaca doa

اَلـلَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَ أَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَ اْلقِيَامِ

وَقِرَاءَةِ اْلقُرْأَنِ وَ قَـنِّعْنَا بِاْلقَلِـيْلِ مِنَ الـَّطعَامِ وَ اْلمَنَامِ وَ اْلكَلَامِ

 Memperbanyak membaca sholawat

Berkata Syekh Abdul Qodir Jaelani RA berkata: ”Seorang mukmin hendaknya tidak menyia-nyiakan bulan ini guna menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan membersihkan diri dari semua dosa. Bertawassullah dengan Nabi Muhammad sebagai pemilik bulan ini. Bersihkan kotoran lahir dan batin dengan memperbanyak membaca sholawat kepada beliau”.

 Membaca Surat Ad-Dukhan ayat  1-8

Hendaknya ayat tersebut dibaca 15x pada tanggal 1-14 Sya’ban. Kemudian dibaca 30x pada malam 15 Sya’ban - 30 Sya’ban. Lalu berdzikir dan berdoa sesuai keinginan insyaallah cepat terkabulkan. 

 Menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan membaca Do’a di dalamnya

Rasulullah SAW bersabda: “Ada 5 malam yang tidak ditolak doa di dalamnya : awal malam bulan rajab, malam nishfu sya’ban, malam jum’at, malam idul fitri dan malam idul adha.”


Kemuliaan Malam Nishfu Sya’ban (15 Sya’ban)

Adapun kemuliaan malam Nishfu Sya’ban bersabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya Allah mengampuni semua orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali tukang sihir, dukun, orang yang bermusuhan, peminum khomr, pezina, pemakan riba, orang yang durhaka pada orang tuanya, orang yang adu domba, dan orang yang memutus tali silaturrahim. Sesungguhnya mereka tidak diampuni sampai bertaubat"

 Adapun tata caranya :

• Membaca Surat Yasin 3x

Pertama : niat agar diberi panjang umur dalam keadaan taat kepada Allah

Kedua  : niat untuk dijauhkan dari segala bala’ dan musibah, serta meminta keluasan rezeki

Ketiga  : niat untuk diberi kekayaan hati dan iman serta husnul khotimah

• Membaca Doa Nishfu Sya’ban

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ .

اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ 

فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

Artinya :

Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. 

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. 

Sungguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. 

Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.




Kemuliaan dan Amalan Bulan Sya’ban Reviewed by Unknown on 12:21 PM Rating: 5
All Rights Reserved by Alwafa Indonesia © 2015

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.